27.12.12

Again, perlu gue tekankan dimanapun gue menulis, gue benci menyontek pada saat ulangan, terlebih pada saat berkarya. Logikany begini, ibaratkan ulangan itu adalah alam kubur dan sekolah itu adalah kehidupan duniawinya, pertanyaan dan jawaban itu adalah tanggung jawab lo untuk mengetahuinya dan seharusnya lo nggak bisa mencurangi tanggung jawab lo kan? Well, bisa sih, kalo lo memang orang yang merasa tanggung jawab dan kecurangan itu bisa dicampuradukkan, atau elo adalah orang yang berpikir bahwa semua hal harus didapatkan secara mudah dan cepat dan menghalalkan segala cara. Suatu hari, gue dan nyokap berdiskusi. Kami sepakat bahwa menyontek itu membohongi diri sendiri, karena kita tahu kalau sebenarnya kita bisa mencari jawabannya sendiri dengan berpikir sendiri, belajar sebelumnya, kan kita udah dikasih modal otak di kepala kita, tapi kok ya masih nggak mau usaha bahkan untuk berpikir sedikit gitu? Gue memang pernah nyontek, tapi gue sekarang insyaf. Saat di Amerika, bahkan siswa yang paling nggak berprestasi aja nggak mau nyontek, eh di Indonesia kebalikannya. Memalukan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2010 Singa Betina yang Terjebak.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.