9.2.11

Gue baru aja baca posting di blog Alanda Kariza, seorang youth yang sangat inspiratif, ternyata, seorang yang gue kagumi itu juga punya masalah keluarga yang hampir sama kayak gue, walau kesamaan bukan masalah law. Sama kayak sahabat aktivis gue, Niesrina, she got family problems too, dan mungkin sebenernya jauh lebih berat daripada gue, but don't know why, sometimes I feel both of them are luckier than me, why? First, they are working, they get their own money from the job. Second, they have a bunch of friends and people who help them, even just for pray.. But me? Doesn't seems any of two criterias are belong with me. Gue cuma punya Tuhan, itupun kalau Tuhan lagi gak sibuk ngurusin milyaran hambaNya yang lain.

Siapa yang nggak gembira dapet beasiswa penuh student exchange ke Amerika? Siapa yang nggak bahagia kalo jadi ketua sebuah proyek besar? Siapa yang nggak seneng punya aktivitas di 3 majalah sekaligus? Gue mensyukuri hal-hal di atas, begitu juga keluarga gue.. Tapi gue gak tau, apa keluarga gue bisa mendukung aktivitas gue yang segudang, ditambah gue masih sekolah dan belum punya penghasilan tetap.

Sebenernya, krisis keluarga gue dimulai sejak gue SMP, Mei 2008, nyokap yang udah 22 tahun kerja di sebuah Dept.Store dan dapet penghasilan tinggi, memutuskan untuk keluar kerja karena kemelut di kantor and yet nyokap sedang ngelanjutin studi S1nya di Universitas Indonesia. Bokap udah nggak kerja dari tahun 2007. Gue masih ngerasa normal dan nggak ada kesulitan berarti di tahun-tahun waktu gue SMP. Sampe akhirnya gue masuk SMA, kesulitan keuangan keluarga gue makin parah. Duit di rekening nyokap hampir sama sekali habis. Debt collector udah bolak-balik dateng ke rumah. Telefon rumah 5 bulan nggak dibayar. Sementara masih ada gue dan adek gue yang mesti dibayar SPPnya dan bokap gue yang sebenernya mencoba peruntungan jadi makelar jualan gedung tapi belom ada keuntungan. Bokap gue nyoba lamar kerja terus, padahal usianya udah usia pensiun. Yang gue gak tega adalah, bokap minta duit ke nyokap terus, dan nyokap gue sangat sangat gak ikhlas kalo duitnya buat beli rokok. Kakak-kakak bokap (uak gue) semuanya kaya raya, tapi nggak ada yang bantu. Gue sadar banget, uang hasil jualan Nasi Bogana dgn titip jual di UI nggak seberapa, tapi gue lagi-lagi gak bisa ngapa-ngapain. Akhirnya mobil dijual. Espass cuma bisa laku 16 juta dan uangnya buat dibeliin motor baru. Tapi sejak mobil dijual, semuanya jadi lebih enak, debt collector gak lagi ngejar, uang buku gue lunas, nyokap dapet kerja ngelola kantinnya uak gue, sementara tetep aja, keaktifan gue dalam berbagai hal mesti mengorbankan banyak hal, terlebih uang. Kadang gue harus ngebatalin acara-acara tertentu supaya nggak ngeluarin duit. Gue seorang siswi yang nglaju, alias seorang commuter. Gue harus ngeluarin duit ekstra karena kegiatan gue sekarang gak lagi hanya 1-2 kali naik angkot, tapi minimal 3 kali naik angkutan umum, apalagi kalo di hari dimana gue gak pake seragam sekolah... dan yang paling nyesek adalah, keperluan gue untuk YES adalah imunisasi dan paspor, kalo gue gak memenuhi semua itu, gue gak akan bisa menikmati beasiswa hasil jerih payah gue. Sepertinya, gue gak bisa nuntut nyokap gue memenuhi semua itu untuk sekarang, karena keuangan menurun lagi. Kemarin gue imunisasi Hepatitis A di RS negeri, kata kasirnya bawa uang 300ribu cukup, tetapi waktu ingin melakukan pembayaran, harga keseluruhannya Rp. 392.500 gue bingung banget, gue bahkan mesti ngutang dulu sama RS. Sekarang sih udah dibayar. Gue sampe sekarangpun belom ngurus paspor dan lagi gue masih butuh 6 imunisasi lagi.
Penghasilan gue dua bulan sekali dari bagi-bagiin Majalah cuma 100ribu, dan itu sama sekali nggak cukup. Sekarang, buat apa gue punya smartphone keren kalo kehidupan gue susah, tetep aja pasti nyokap ngelarang kalo gue mau gadai atau tuker tambah handphone gue. Sekarang pertanyaannya adalah, gue harus cari duit kemana lagi? Gue gak pengen nyusahin nyokap gue, enough with her, she's too stressed about anything. Wallahi, warasulullahi, I really really need place to work, a place for me to making money, just for the next 6 months... I promise.

Nyokap gue adalah seorang yang cerdas dan tegar, tapi beliau juga tempramen dan gak pernah minta maaf. Itu dia yang bikin gue susah untuk ngomong sama nyokap secara baik-baik, tapi nyokap selalu bisa ngomong sama gue baik-baik.

Yang sekarang gue bisa lakukan adalah berdoa dan berusaha mencari uang semampu gue walaupun belom terkumpul apapun, tapi gue janji, gue janji bakal ngebahagiain mereka.  

2 komentar:

Hayyu Luthfi Hanifah mengatakan...

sabar ya....

moga masalahnya cepet selesai... moga cepet dapet kerjaan... aamiin


[chimie a. brown]

Nisrina Nadhifah R mengatakan...

dear my pal, Gladhys.

FYI, gue juga gak punya gaji as you wondered kok. Di change sifatnya setengah sukarela, paling transport diganti, itu pun kadang gak enak mintanya. Yang bulanan itu paling dari nulis di redaksi, dan insyaAllah mulai bulan maret ada tambahan dari Free Magz di Bogor.

Tapi tetep aja kok, penghasilan gue gak sebanding dengan biaya hidup yg mesti gue tanggung. Rumah, listrik, dapur, ongkos, dll.

Tapi rezeki ada aja kok say, kalau ada rezeki buat gue, berarti ada juga buat lo.

Believe that God's best answers are always around us :')

Keep da spirit, esp. for our project with Change and Womens Journal Foundation :))

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Singa Betina yang Terjebak.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.